Arya Sidharta, Pertandingan Cabor Aeromodelling di Sabang Sukses

Foto | Arya Sidharta saat di stadion Sabang Merauke Sabang

Sabang.AGN - Technical Delegate Aerosport Aeromodelling Arya Sidharta, mengatakan, pertandingan cabang olahraga Aeromodelling di stadion Sabang Merauke dan Lanud Maimun Saleh Sabang sukses.

“ Kami mengucapkan rasa syukur atas pembukaan cabor aeromodelling dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akhirnya dapat digelar di Kota Sabang. Stadionnya bagus kami sangat nyaman. Sejak kemarin sudah laksanakan pertandingan ini bisa dikatakana kita berhasil, dan saya juga apresiasi kepada penonton yang begitu antusias menyaksikan pertandingan ini,” katanya.

Dijelaskan, setiap kategori berbeda, kalau kemarin di stadion Sabang merauke setiap pilot berusaha memutus ekor pesawat lawan. Pada perlombaan hari ini, peserta bersaing dalam balapan dengan tantangan menyelesaikan 100 lap dalam babak penyesuaian dan 200 lap di babak final.

Kecepatan dan keterampilan tak hanya menjadi kunci bagi para pilot, tetapi juga para mekanik yang harus mampu menangani dua kali pitstop untuk mengisi bahan bakar dan menyalakan kembali mesin pesawat.

"Mekanik juga harus sangat piawai. Menyalakan mesin yang masih panas setelah pengisian bahan bakar itu tidak mudah dan menjadi bagian penting dari perhitungan waktu," tambahnya.

Arya menjelaskan bahwa total terdapat 12 nomor lomba yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni terbang bebas (tanpa kendali), terbang dengan tali (seperti lomba hari pertama dan kedua), dan terbang dengan kendali radio.

Dia juga mengatakan, sebanyak 18 provinsi turut serta dalam kompetisi aeromodelling ini, dengan setiap nomor lomba memiliki jumlah peserta yang bervariasi dari masing-masing provinsi.

"Ada dua nomor khusus untuk putri, dua nomor khusus untuk putra, dan sisanya terbuka untuk diikuti oleh baik putra maupun putri, bahkan dalam kelas beregu bisa campuran," jelasnya.

Arya juga memberikan pujian terhadap fasilitas lapangan F2C di Lanud Maimun Saleh. Ia merasa senang karena fasilitas ini sangat mendukung jalannya perlombaan. Menurutnya, aeromodelling tak membutuhkan banyak persiapan lapangan, hanya butuh area tanah yang luas. Namun, kondisi angin di Sabang yang dekat dengan laut menjadi perhatian utama.(PIM)

 

0 Komentar