Kejari Sabang Kembalikan Barang Bukti Uang ke Pemko Sabang

Sabang.AGN – Kejaksaan Negeri Sabang mengembalikan kerugian Negara berupa uang sebesar Rp. 493.326.500,- kepada Pemerintah Kota Sabang yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM di Aula Kejari Sabang, Kamis (30/12/2021).

“Hari ini kita mengembalikan kerugian Negara berupa uang sebesar Rp. 493.326.500,- yang merupakan barang bukti pada kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) pada Dinas Perhubungan Kota Sabang Tahun Anggaran 2019,” kata Kejari Sabang Choirun Parapat, SH., MH.

Menurutnya, tindak pidana korupsi dimaksud yaitu pengadaan belanja BBM, Gas, pelumas dan Suku cadang tahun anggaran 2019 pada dinas perhubungan kota Sabang yang mana dua terdakwa Iskandar mantan Kadis Perhubungan Kota Sabang dan Suhelmi selaku manager pada salah satu SPBU di Sabang telah dijatuhi hukuman badan dan denda, sesuai putusan Hakim Tipikor Banda Aceh, serta keduanya wajib mengembalikan kerugian keuangan Negara.

“Kita melaksanakan putusan Hakim Tipikor Banda Aceh yaitu mengembalikan kerugian keuangan Negara dalam perkara Korupsi anggaran BBM, Pelumas dan Suku Cadang pada Dinas Perhubungan Kota Sabang Tahun Anggaran 2019 ke kas Daerah Kota Sabang,” kata Kajari Sabang.

Dia juga mengatakan, dalam penanganan khasus Tipikor pihaknya tidak hanya fokus pada penanganan tersangka, namun juga penyelamatan kerugian Negara. Proses dilakukan sebagai wujud penegakan dan penanganan tindak pidana korupsi untuk penyelamatan dan pemulihan kerugian Negara dengan harapan dapat memulihkan keuangan daerah dalam masa pandemi.

Pada kesempatan yang sama Sekertaris Daerah Kota Sabang Drs. Zakaria, MM mengapresiasi kinerja jajaran Kejaksaan Negeri Sabang di bawah kepemimpinan Choirun Parapat, SH, MH, yang telah berhasil mengembalikan kerugian keuangan Negara ke kas Daerah Pemko Sabang.

Untuk itu, Pemerintah Kota Sabang mengharapkan adanya kerjasama yang berkelanjutan dalam hal penanganan kasus tipikor dan kasus lainnya serta melakukan pencegahan dini kemungkinan yang dapat merugikan daerah dapat terhindar, hal tersebut akan membantu pemulihan keuangan daerah terutama dimasa pandemi sekarang ini.

“Terima kasih pada pak Kajari dan Jajarannya yang sudah menjalankan tugas dengan baik, terutama dalam menjaga kondisi kerugian daerah serta memelihara pemulihan keuangan daerah, baik dengan tindakan yang baru saja dilakukan, maupun terhadap kerjasama pencegahan,” ujar Sekdako Sabang, Drs. Zakaria.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *