Dua Terpidana Kasus Korupsi BBM Dishub Sabang Divonis 1 Tahun Penjara

Sabang.AGN – Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Sabang telah melakukan eksekusi hukuman penjara terhadap dua terpidana kasus Korupsi Anggaran BBM, Pelumas dan Suku Cadang pada Dinas Perhubungan Kota Sabang tahun anggaran 2019.

Kedua terpidana tersebut adalah mantan Kadishub Sabang Iskandar dan mantan Maneger SPBU Suhelmi yang diputus Majelis Hakim masing-masing satu tahun penjara.

“Benar, hari ini JPU Kejari Sabang telah melakukan eksekusi terhadap kasus tersebut inisial nama SH yaitu dengan cara memasukkan ke Lapas Kelas 2B Sabang untuk menjalani hukuman penjara selama satu tahun), kata Kajari Sabang Choirun Parapat, SH. MH,  Rabu (29/12/2021).

Menurutnya, eksekusi tersebut sudah sesuai dengan putusan pengadilan Tipikor Banda Aceh Nomor 43/Pid.sus-TPK/2021/PN.Banda Aceh  tertanggal 20 Desember 2021, bahwa Iskandar dan Suhelmi dinyatakan bersalah telah melakukan perbuatan korupsi dan dijatuhi hukuman penjara satu tahun, dengan denda sebesar Rp. 50.000.000 subsidiair satu bulan kurungan.

Dijelaskan, bahwa dalam perkara tersebut, untuk terpidana Suhelmi dinyatakan bersalah karena melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 ayat (1) huruf a, b, ayat (2), ayat (3) Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP bersama dengan Iskandar  dihukum 1 (satu) tahun penjara dikurangi masa tahanan, dan denda sebesar Rp. 50.000.000 subsidiair satu bulan kurungan sebagaimana putusan nomor 33/Pid.sus-TPK/2021/PN.Bna tgl 20 Desember 2021.

“ Kedua terdakwa telah mengakui kesalahannya dan menerima hasil putusan tersebut, maka selanjutnya mereka akan menjalani sisa masa tahanan masing – masing satu tahun penjara berikut dengan dendanya,) tutup Kajari Sabang.(REDAKSI)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *