Gelar Pelatihan Video, Kadispar Sabang Harap Dapat Menjadi Promosi Pariwisata

Sabang.AGN – Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata Kota Sabang menggelar pelatihan bertajuk “Pelatihan Pembuatan Video Dokumenter Pariwisata”, yang berlangsung di Mata Ie Resort Sabang, Selasa, (23/11/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, ST, MTP mengatakan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan SDM para pengelola pariwisata dan insan muda yang bergerak dalam pengembangan sektor pariwisata Kota Sabang dalam menciptakan dan membuat konten yang berbasis fotografi dab videografi.

“Pelatihan ini sebagai ajang promosi media digital terutama bagi generasi millenial untuk terus berkarya dan berkreativitas, dimana peserta pelatihan diharapkan dapat membuat konten-konten baik foto maupun video yang bagus, sehingga mampu mempromosikan dan menarik kunjungan wisatawan ke Kota Sabang,” kata Faisal, ST, MTP.

Dia juga mengharapkan para peserta yang mengikuti pelatihan bisa menguasai teknik pembuatan video dengan baik sehingga dapat mengajarkan kembali ilmu yang sudah dipelajari kepada teman satu komunitas lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Murdiana, S.Si., M.Si menjelaskan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dasar keterampilan dasar fotografi dan videografi serta meningkatkan pengetahuan tentang teknik videografi yang akan memudahkan peserta dalam membuat konten untuk mempromosikan pariwisata Kota Sabang.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas promosi pariwisata media sosial Kota Sabang dan memberikan motivasi bagi generasi muda millenial yang kreatif untuk menghasilkan karya berupa video dan foto pariwisata yang bagus secara rutin,” jelas Murdiana.

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 23-25 November 2021 ini, diikuti peserta sebanyak 25 orang, dengan rincian 10 orang tim media Pokdarwis se-Kota Sabang, lima orang anggota Genpi Sabang, lima orang Duta Wisata Kota Sabang, dan lima orang dari instansi terkait.

“Jadi, pada hari pertama peserta pelatihan belajar teori dasar fotografi dan videografi, selanjutnya di hari kedua mereka akan langsung latihan dan praktek lapangan di Desa Wisata Jaboi, dan hari ketiga mereka belajar tentang tata cara edit foto dan video dari pemateri,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada hari ke dua pelatihan, dari sejumlah 25 peserta tersebut dibagi menjadi 5 kelompok beranggotakan 5 orang, untuk membuat video yang akan dipresentasikan dan ditampilkan pada hari ke tiga. Selanjutnya, akan dipilih dua video terbaik untuk mendapatkan souvenir menarik.

“Tidak hanya itu, keseluruhan video peserta juga akan disiarkan di akun Instagram dan Youtube Dinas Pariwisata Kota Sabang,” tutupnya.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *