Buka Sabang Open Diving Festival 2021, Ini Harapan Kadispar Kota Sabang

Sabang.AGN – Pemerintah Kota Sabang melalui Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, ST, MTP membuka event Sabang Open Diving Festival 2021, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema “Explore Underwater Treasure Of Weh Island, digelar di Pantai Gapang

Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, ST, MTP mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan sektor ekonomi dan PAD Kota Sabang sekaligus meningkatkan kegiatan sport tourism dengan terjalinnya persatuan dan kesatuan atlit di Seluruh Aceh.

“Selain itu, hadirnya event ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kota Sabang, dengan harapan memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kota Sabang, membangkitkan kembali geliat dan gairah pariwisata di Kota Sabang, para pelaku wisata dan juga industri wisata di Kota Sabang,” kata Faisal, ST, MTP.

Dia turut meminta kepada seluruh pihak terkait agar dapat bergerak bersama-sama untuk berkontribusi dalam sektor pariwisata yang selanjutnya akan dikembangkan sesuai dengan kapasitas masing-masing.

“Tahun ini ada atlet diving termuda asal Banda Aceh yang berumur 6 tahun, ini merupakan motivasi bagi peserta lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Murdiana, S.Si., M.Si menjelaskan pada kegiatan ini pihaknya telah menyiapkan tim rescue, tim pengawas di lapangan, dan telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit untuk menyediakan ambulans sebagai antisipasi hal-hal tidak terduga.

“Pemilihan lokasi lomba di pantai Gapang, juga melihat cuaca yang kondusif, arus laut yang aman dan tidak dalam keadaan berombak tinggi, sehingga mengurangi resiko ketika pelaksanaan lomba,” ujarnya.

Kemudian, pada ajang ini terdapat dua kategori perlombaan yakni Oba 5 Point putra dan putri serta Fins Swimming 2000 M putra, dengan memperebutkan total hadiah sebesar 56 juta lebih dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari pelajar, perorangan, umum, dan atlet-atlet Pesatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) se-Aceh.

“Untuk kategori Oba 5 Point diperuntukkan bagi putra dan putri, namun Fins Swimming hanya untuk putra, mengingat jumlah pendaftar putri yang sangat sedikit. Sementara untuk jumlah peserta Kita menargetkan 100 orang dan Alhamdulillah jumlah peserta yang mendaftar sudah melampaui target sebanyak 103 orang,” jelasnya.

Lanjut Murdiana, S.Si., M.Si, dari jumlah 103 peserta tersebut terdiri dari 58 orang pada kategori Fins Swimming putra, dan untuk kategori Oba 5 Point masing-masing, putra 42 orang dan putri 13 orang. Keseluruhan peserta telah mendaftar via online dan offline mulai 18 Oktober-18 November 2021.

“Masyarakat sangat antusias untuk mengikuti event ini. Sambutannya sangat luar biasa baik dari Aceh maupun dari luar Aceh, bahkan ada juga peserta yang sudah ikut PON bulan lalu juga ikut mendaftar. Peserta juga ada yang dari luar Aceh, ada yang dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Pekan Baru, dan yang paling jauh dari Sulawesi Utara,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya menghadirkan empat juri yang ahli untuk menilai kegiatan ini diantaranya Nelson Wada, Yusniar Amara, Mayriani Amen, dan Hendrik Syahputra.

“Keseluruhan proses Sabang Open Diving Festival 2021 ini tetap mengikuti protokol kesehatan. Semua peserta yang mendaftar wajib melampirkan surat vaksin Covid-19, dan tentunya bagi yang berasal dari luar Aceh turut menyertakan sertifikat swab test. Senentara untuk Oba 5 Point, peserta harus memiliki sertifikat menyelam sebagai salah satu persyaratan,” tutupnya.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *