Setiap Desa di Sabang Harus Punya Pemandu Wisata

Sabang.AGN – Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, ST, MTP mengatakan, Kota Sabang memiliki daya tarik wisata yang harus dikelola dengan baik oleh masyarakat untuk menciptakan desa wisata yang mandiri.

Salah satu bentuk kemandirian adalah setiap desa wisata di Kota Sabang memiliki pemandu wisata sendiri sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat setempat.

“Untuk mengembangkan desa wisata di Kota Sabang sekarang ini diperlukan SDM yang handal sehingga desa wisata dapat menjadi salah satu fungsi dan akan menjadi solusi dalam pemberdayaan masyarakat yang imbasnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan,”

kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, ST, MTP, saat membuka acara pelatihan pengelolaan wisata pedesaan di Mata Ie Resort, Rabu (27/10) malam.

Pelatihan pengelolaan wisata pedesaan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai 27 sampai 29 Oktober 2021 dan diikuti oleh 25 orang terdiri dari pemuda pemudi setiap gampong di Kota Sabang.

Menurutnya, jika semua perangkat gampong terlibat, ini akan mampu meningkatkan dan mengembangkan manajemen rencana pengelola potensi-potensi yang ada di setiap gampong, sehingga dapat memberikan jaminan pelayanan desa wisata yang berkelanjutan terhadap wisatawan.

Sementara itu, Ketua Panitia acara yang merupakan Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Sabang, Soffa Dewi Yohanna, S.E mengatakan, tujuan dari pelatihan pengelolaan wisata pedesaan adalah untuk mengembangkan kekuatan, daya, potensi, dan SDM agar mampu mengembangkan pengelolaan gampong sebagai desa wisata.

“Dengan pelatihan ini kita memotivasi dan memberikan pemahaman kepada pemuda pemudi Sabang agar mampu mengelola manajemen dan mengetahui cara pengelola wisata pedesaan di Kota Sabang sehingga dapat membangkitkan desanya menjadi desa wisata dan dapat meningkatkan perekonomian Kota Sabang,” jelasnya.(ARWELLA)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *