Pengusaha Homestay Harus Bisa Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Sabang.AGN – Di masa pandemi Covid-19 ini, usaha homestay yang merupakan sebagai salah satu usaha di sektor pariwisata berbasis masyarakat mengalami masalah yang cukup serius.

Pasalnya, pada masa tersebut diberlakukan pembatasan yang cukup ketat seperti saat ini, sehingga wisatawan yang menjadi tamu menginap sangat jarang, bahkan hampir tidak ada.

Oleh karenanya, menyikapi persoalan tersebut, Dinas Pariwisata Kota Sabang mencoba membangkitkan kembali semangat para pelaku usaha homestay dengan menggelar pelatihan kelembagaan pariwisata pengelolaan homestay.

Demikian dikatakan Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Sabang yang juga Ketua Panitia Acara Soffa Dewi Yohanna, S.E kepada awak media, Jumat (25/9/2021).

Disebutkan pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 23 s/d 25 September 2021, di Aula Nagoya Inn Hotel Sabang, diikuti 25 pengelola homestay yang tersebar di Kota Sabang dimaksudkan agar kualitas homestay di Sabang baik dari segi pelayanan dan kenyamanan bisa semakin meningkat.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk dapat membantu pemilik homestay mengatasi masalah-masalah yang dihadapi terkait dengan pengelolaan homestay, terutama dalam masa pandemi ini.

“Jadi tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan, tapi juga kita mencari solisi bersama mengatasi berbagai persoalan terkait pengelolaan homestay di Sabang.
Jadi, setiap homestay, punya masalah yang berbeda-beda, jadi di sini pemateri juga akan membantu memberikan masukan-masukan atau solusi sesuai dengan kondisi saat ini,” kata Soffa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, ST, MTP mengatakan kegiatan ini dirasa perlu dilakukan, untuk mendorong kembali pemilik homestay agar semangat untuk menciptakan trik-trik dan strategi baru dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul pada masa pandemi.

“Kita berharap, pelatihan ini bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah terkait homestay pada masa pandemi dan dengan adanya pelatihan ini semoga dapat meningkatkan kualitas juga daya tarik homestay di Sabang pasca pandemi nanti,” harap Faisal, ST, MTP

Pada pelatihan kelembagaan pariwisata pengelolaan homestay, Dinas Pariwisata Kota Sabang menghadirkan dua pemateri yakni Ketua Homestay Kota Sabang Riza Putra Kurnia dan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang, Irwan Mahdi, M. Tour.(ARWELLA)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *