Gampong Aneuk Laot Harumkan Nama Sabang

WALI KOTA Sabang Nazarudin S.I.Kom menyampaikan apresiasi sekaligus memberi selamat kepada Gampong Aneuk Laot yang berhasil meraih juara 3 Desa Wisata BCA Award 2021.

Harapannya, dengan pencapaian prestasi ini paling tidak menjadi motivasi bagi gampong atau desa lainnya yang ada di Kota Sabang untuk dapat terus berkarya.

“Saya pikir, ini suatu pencapaian yang sangat luar biasa dan membanggakan karena, Desa Wisata Aneuk Laot sudah mengharumkan nama Sabang.

Wali Kota Sabang : Nazarudin S.I.Kom

Artinya, Gampong Aneuk Laot sekarang sudah semakin dikenal hingga tingkat nasional dan ini bisa menjadi semangat kita semua untuk lebih meningkatkan sektor pariwisata di Kota Sabang ke depan,” kata Wali Kota Sabang yang akrab disapa Tgk Agam ini.

Sudah saatnya masyarakat Sabang untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada di gampongnya masing-masing agar bisa menjadi nilai ekonomis dalam memajukan daerah. Sehingga dengan adanya keunggulan potensi pada setiap gampong diharapkan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Secara nyata bisa dilihat semua gampong di Kota Sabang mempunyai banyak potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan. Karena semakin banyak keberagaman yang dihasilkan dari setiap masing-masing gampong maka, kunjungan wisatawan akan lebih banyak lagi.

Dengan harapan nantinya dari sektor tersebut akan berdampak pada peningkatan penghasilan ekonomi masyarakat Sabang.

“Memang kita ketahui bersama sejak adanya pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun berjalan, sektor pariwisata Sabang sempat mengalami keterpurukan yang sangat parah, dan bukan saja Sabang tapi seluruh Indonesia bahkan dunia mengalami nasib serupa. Oleh karena itulah, sudah saatnya kita untuk bangkit bersama melewati masa suram tersebut dengan terus berkarya seperti yang dilakukan masyarakat desa wisata Aneuk Laot.

Saya atas nama Wali Kota Sabang Sabang mengajak semua elemem masyarakat mulai dari para tokoh dan pengurus gampong dan para pelaku wisata yang ada di Sabang untuk berklaborasi bersama-sama berkontribusi dalam membangkitkan kembali pariwisata di Sabang. Saya yakin bila kita mau membangun komitmen bersama, pariwisata Sabang pasti akan bangkit kembali dan ekonomi masyarakat dapat tumbuh kembali normal,” ajak Tgk Agam dengan nada optimis.

Akhirnya Target Kita Tercapai, Gampong Aneuk Laot Juara 3 Desa Wisata BCA Award 2021

KERJA keras warga Gampong Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang akhirnya membuahkan hasil yang sangat membanggakan.

Pasalnya, diluar dugaan gampong yang kini dikenal dengan keindahan alam Danau Aneuk Laotnya itu berhasil meraih juara ketiga nasional Desa Wisata BCA Award 2021.

Pencapaian ini patut mendapat apresiasi karena, sebelumnya dari 465 desa wisata yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia yang ikut berkompetisi diajang bergengsi itu menyisakan 20 finalis yang masuk ke tahap penjurian.

Dari jumlah tersebut akhirnya menyisakan 5 daerah dan diantaranya adalah Desa Wisata Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang menjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Aceh bahkan Sumatera yang terus bertahan dan melaju ke tahap selanjutnya.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan doa kita bersama pada akhirnya Gampong Aneuk Laot kita berhasil meraih juara ketiga pada ajang Nasional Desa Wisata  BCA Award 2021.

Tentunya hasil yang sudah dicapai ini sangat membanggakan dan sesuai target kita. Karena sebelumnya saya melihat persaingan untuk masuk tiga besar itu sangatlah berat, tidak semudah yang kita bayangkan.

Sebab yang kita hadapi itu banyak daerah di seluruh Indonesia bersaing mengenalkan keunggulan daerahnya masing-masing terutama daerah Jawa yang lebih dominan, tapi alhamdulillah kita berhasil menjadi salah yang terbaik,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal ST.MTP.

Menurutnya, penyelenggaraan ajang BCA Desa Wisata Award 2021 menjadi sebuah sarana memberikan kesempatan bagi desa wisata dalam mempromosikan kekayaan potensi yang dimiliki.

Seperti halnya, Desa Wisata Aneuk Laot Sabang yang sudah berhasil  memenangkan juara tiga ajang tersebut kini, sudah mulai dikenal dan menjadi desa atau gampong percontohan untuk Kota Sabang khususnya dan Provinsi Aceh umumnya.

Rangkaian kegiatan BCA Desa Wisata Award 2021 ini sebenarnya sudah dimulai sejak bulan April lalu. Selama itu pula para peserta mendapatkan berbagai pelatihan dan rangkaian seleksi hingga proses penjurian berlangsung seluruh finalis telah mendapatkan berbagai pelatihan.

Dan itu dimulai dari cara komunikasi yang baik, membentuk karakter kepemimpinan, promosi perkembangan pariwisata daerah masing-masing serta bagaimana melakukan teknik presentasi dan tata cara memberikan pelayanan prima.

“Tentunya, ratusan daerah yang menjadi peserta saat itu bersaing ketat dan harus melewati proses panjang untuk menarik simpati dewan juri,” terangnya.

Terlebih lagi tantangan berat di tengah kondisi pandemi Covid-19, semua peserta harus piawai melakukan sinergi dengan berbagai elemen untuk menciptakan inovasi daya tarik yang kompetitif bagaimana cara mengatasi pemulihan ekonomi ke arah lebih baik.

Meskipun diketahui bersama dengan keterbatasan dan tantangan yang ada, semua itu mampu dilewati dengan semangat juang yang tinggi dan berkat dukungan dari semua pihak.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian yang diraih Desa Aneuk Laot menjadi salah satu desa wisata  terbaik di Indonesia .

Semoga penganugerahan ini dapat menjadi awal yang baik sekaligus dapat menginspirasi banyak pihak dalam membantu pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata di Kota Sabang,” ujarnya.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *