WHO Akhirnya Ungkap Biang Kerok Ledakan Covid Baru-Baru Ini

Jakarta.AGN – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO buka suara mengenai peningkatan infeksi Covid-19 di seluruh dunia belakangan ini. Badan PBB tersebut menyebut bahwa informasi yang keliru tentang Covid-19 dan vaksinasi Covid-19 merupakan faktor yang menyebabkan kenaikan kasus infeksi di tengah varian virus yang terus berkembang.

Mengutip CNBC International, Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk Covid-19 pada Selasa (24/8/2021) mengatakan bahwa hal ini telah membuat masyarakat bingung soal pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat dunia bertindak keliru dalam penanganan virus ini.

“Dalam empat minggu terakhir ini, jumlah informasi yang salah yang beredar tampaknya semakin buruk, dan saya pikir itu sangat membingungkan bagi masyarakat umum,” sebutnya.

Para ahli kesehatan masyarakat telah menyalahkan teori konspirasi dan informasi yang salah untuk menumbuhkan ketidakpercayaan terhadap vaksin oleh masyarakat di seluruh dunia. Analis menyebut bahwa ini merupakan tantangan besar yang masih dihadapi dalam membuat masyarakat tervaksinasi.

“Kami telah mendengar klaim palsu (hoaks) bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan infertilitas (kemandulan), mengandung microchip dan menyebabkan Covid-19,” kata Dr. Peter Marks, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA Amerika Serikat (AS).

“Dan lebih buruk lagi, kami telah mendengar klaim palsu bahwa ribuan orang telah meninggal karena vaksin. Biar saya perjelas: Klaim ini sama sekali tidak benar,” tegasnya.

Sebelumnya pemimpin dunia juga ikut bersuara mengenai vaksin Covid-19. Presiden Rusia Vladimir Putin sempat mengatakan bahwa masyarakat harus mempercayakan informasi soal vaksin Covid-19 kepada para ahli kesehatan.

“Itulah sebabnya kita semua harus divaksinasi sesegera mungkin,” ucapnya saat menangani rendahnya vaksinasi di negara pimpinannya itu.

Sumber : CNBC Indonesia

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *