Aceh Mulai Gunakan Moderna sebagai Dosis Ke-3 untuk Nakes, Target Tuntas Sepekan

AGN – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh mulai melakukan penyutikan vaksin COVID-19 dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (Nakes). Vaksinasi corona dosis ke-3 sebagai penguat (booster) bagi nakes di Aceh menggunakan vaksin Moderna.

Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga sebagai suntikan booster bagi nakes di Aceh mulai dilaksanakan di setiap fasilitas kesehatan seiring dengan dilakukannya peluncuran oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Zainoel Abidin (RSUDZA), Banda Aceh, Senin (9/8).

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif, menyampaikan bahwa pemberian vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan itu merupakan bagian untuk lebih meningkatkan kekebalan tubuh orang-orang di garda terdepan melawan COVID-19. Sehingga meskipun terpapar, kondisi mereka akan lebih ringan dan tanpa gejala.

Hanif mengatakan, vaksin jenis Moderna yang diberikan untuk dosis ketiga itu sudah terbukti baik menurut para ahli. Oleh sebab itu, ia berharap vaksinasi dosis ketiga itu dapat diterima oleh seluruh tenaga kesehatan di Aceh.

pqfdlxc7qnlneyglz5wi_ujkjlz.jpg

“Vaksinasi dosis ketiga ini penting supaya pelayanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini tetap bisa maksimal dan nakes tetap terlindungi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksin Moderna yang diterima Aceh untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes berjumlah 46.620 dosis atau 3.303 vial. Dalam satu vial terdiri dari 14 dosis.

“Kita targetkan dalam sepekan ini vaksinasi Moderna untuk tenaga kesehatan di Aceh akan tuntas,” kata Hanif.

Hanif menyebutkan, setidaknya Aceh memiliki sebanyak 56.470 orang tenaga kesehatan. Mereka tersebar di berbagai tempat pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Direktur RSUDZA dr Isra Firmansyah mengatakan, seluruh tenaga medis di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh akan segera diberikan vaksinasi dosis ketiga.

“Saat ini kita juga masih membuka vaksinasi tahap satu dan dua sebab ada sebagian tenaga kesehatan dengan alasan tertentu belum mendapatkan vaksinasi tahap satu dan dua,” sebutnya.

Ketua Bidang Komunikasi Satgas COVID-19 Pemerintah Aceh, Muhammad Iswanto, menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan di Aceh yang tetap melayani masyarakat di tengah terpaan COVID-19. Ia berharap vaksin dosis ketiga tersebut dapat menjadi pelindung bagi nakes yang harus tetap bekerja di tengah risiko yang besar.

Lebih lanjut, ia berharap seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Tetap patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan meskipun sudah divaksin, agar kita tetap selamat dari terpaan wabah ini,” ujar Iswanto.

Sumber : Kumparan

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *