Babinsa Sosialsasikan Penerimaan Prajurit TNI AD Tahun 2021 ke Masyarakat.

Sabang.AGN – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0112/Sabang melaksanakan kampanye penerimaan calon prajurit TNI AD T.A 2021 kepada warga binaan yang masih duduk di SMA/MA/SMK di Kota Sabang.

Sosialisasi dilakukan oleh seluruh Babinsa yang bertugas baik di Kecamatan Sukakarya Sabang maupun di Kecamatan Sukajaya Sabang, Sabtu (9/5/2021).

Babinsa Koramil 01 sukajaya Sersan Mayor Angga Riyadi mengatakan, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini agar nantinya dapat menjaring warga binaan menjadi calon prajurit TNI AD baik calon Perwira, Bintara ataupun Tamtama di wilayah Kodim 0112/Sabang.

Kegiatan ini dilaksanakan secara maksimal sesuai sasaran yang diharapkan, dengan cara melaksanakan kegiatan sosialisasi/kampanye dilingkungan wilayah binaan masing-masing Babinsa dengan metode yang menarik dan Kreatif.

“ Sosialisasi/kampanye profil TNI Angkatan Darat di Kota Sabang meliputi, mensosialisasikan profil dan proses rekrutmen prajurit TNI AD, guna memunculkan minat siswa/siswi tingkat SMA/MA/SMK untuk dapat berkarir di TNI AD tentunya setelah lulus sekolah,” Kata Serma Angga Riyadi.

Lebih lanjut Angga mengatakan, Kodim 0112/Sabang dapat menjaring siswa/siswi berkualitas dan berkualifikasi sehingga dapat memenuhi syarat sebagai calon prajurit TNI AD, serta siap secara akademik, fisik, mental dan kesehatan untuk menjadi prajurit TNI AD yang handal dan profesional.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan penerimaan Prajurit TNI AD ini tidak dibenarkan kepada calon prajurit untuk membayar sejumlah uang kepada oknum tertentu dengan imbalan lulus, apabila ada oknum yang menawarkan bantuan dan jaminan lulus dengan imbalan tertentu, sudah dipastikan bahwa itu tidak benar.

Seleksi ini diselenggarakan secara terbuka, tanpa ada biaya apapun dan tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja yang ingin berbakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menjadi prajurit TNI.

“ Dari semuanya itu tidak dipungut biaya alias gratis. Yang pasti setiap calon dari awal memang harus sudah mempersiapkan diri baik mental maupun fisik dan juga kesehatan masing masing dengan baik, karena menjadi Tentara Nasional Indonesia menuntut setiap calon prajurit harus benar-benar melatih dan menjaga fisik, kesehatan serta mentalnya.

Seleksi ini dilakukan secara terbuka, sehingga Angkatan Darat akan mendapatkan calon prajurit yang betul-betul sehat jasmani dan rohani sesuai kriteria dan standart yang ditetapkan di TNI Angkatan Darat,” terang Serma Angga Riyadi.

Bagi yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri ke Makodim 0112/Sabang untuk selanjutnya menjumpai staf personil yang sudah tugaskan untuk diberikan informasi lebih lanjut, tambahhnya lagi.

Beberapa persyaratan untuk menjadi prajurit TNI AD tahun 2012 antara lain:

PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia;

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa;

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD RI tahun 1945;

4. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan;

5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh POLRI;

6. Sehat jasmani dan rohani;

7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan; pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

PERSYARATAN LAIN

1. Pria/wanita, dan bukan anggota/mantan prajurit atau PNS TNI/POLRI;

2. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pertama sampai dgn 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama;

3. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm utk pria (Akmil,Caba) atau 163 cm (Tamtama) dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku;

4. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun;

5. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi : administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideology, psikologi, dan akademik;

6. Berijazah minimal SMP/MTS (Tamtama) atau SMA/MA/SMK (Bintara) atau SMA/MA jurusan IPA.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *