Sinergi Babinsa dan Babinkamtibmas Patroli Cegah Karhutla

Sabang.AGN – Serda Junaidi Babinsa Gampong Paya Koramil 01/Sukajaya Kodim 0112/Sabang bersama Bhabinkamtibmas Polsek Sukajaya Sabang

bersinergi dalam melaksanakan
kegiatan patroli pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karhutla), Selasa (7/4/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk sinergisitas antara Babinsa dan Babinkamtibmas melakukan patroli di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan di Gampong Paya, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

Babinsa Gampong Paya Koramil 01/Sukajaya Kodim 0112/Sabang Serda Junaidi mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan guna memantau dan mencegah terjadinya
kebakaran hutan dan lahan serta memberikan sosialisasi ke masyarakat bahwa Karhutla masih menjadi masalah bagi semua kalangan.

Mengingat dampaknya yang merugikan
banyak pihak dan menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa),
untuk itu dihimbau agar masyarakat tidak membakar lahan dan hutan sembarangan.

“Apabila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan disengaja membakar lahan atau hutan segera laporkan kepada aparat di gampong baik itu kepada Babinsa, Babinkamtibmas maupun unsur perangkat gampong lainnya agar dengan cepat dapat ditindaklanjuti,” kata Serda Junaidi.

Menurutnya,Babinsa dan Babinkamtibmas juga tak bosan memberi himbauan kepada warga masyarakat, khususnya yang bermukim dekat lahan tersebut untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun, apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan kepada Babinsa atau Babinkamtibmas agar dilakukan langkah – langkah pencegahan.

“Kebakaran itu bentuk kerawanan yang tinggi, kita juga harus ekstra dalam melaksanakan komsos kepada masyarakat sehingga lahan-lahan kosong yang rumputnya tumbuh liar tersebut aman dari kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Kecuali itu, di samping melaksanakan komunkasi sosial, Babinsa juga melaksanakan patroli keliling untuk memantau hutan dan lahan yang rawan terjadinya Karhutla. (D. Arjuna)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *