5 Makanan yang Dipercaya Ampuh Turunkan Tekanan Darah

Jakarta, Aceh BisnisĀ – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor paling umum yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Pengobatan seperti penghabat angiotensin-converting enzyme (ACE) atau enzim pengubah angiotensin biasanya umum digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Namun, perubahan gaya hidup tentunya memiliki peran dalam menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Diet sehat merupakan hal paling penting untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan dalam tingkatan optimal. Peneliti menemukan bahwa sejumlah makanan, khususnya dengan kandungan nutrisi tertentu seperti potasium dan magnesium, dapat mengurangi tingkat tekanan darah.

Dikutip dari Healthline, ini 5 makanan yang dipercaya efektif mengontrol tekanan darah tinggi.

1. Salmon dan ikan berlemak lainnya
Ikan dengan kandungan lemak merupakan sumber utama omega-3 yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Omega-3 dapat mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan tingkat senyawa pada pembuluh darah bernama oxylipin.

Peneliti mengungkapkan bahwa mengonsumsi ikan berlemak dengan kandungan omega-3 dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan risiko terkena hipertensi.

2. Wortel
Wortel merupakan sayuran yang kerap dimasukan ke dalam menu diet. Wortel kaya akan senyawa, seperti klorogenat, asam p-kumarat, dan asam kafeat, yang dapat membantu membuat pembuluh darah merasa lebih rileks, mengurangi peradangan, serta mengurangi tingkat tekanan darah. Namun, bagi orang dengan tekanan darah tinggi, mengonsumsi wortel mentah lebih dianjurkan daripada wortel yang telah dimasak.

3. Seledri
Salah satu sayuran populer ini ternyata memiliki efek positif bagi tekanan darah. Seledri mengandung senyawa bernama phthalides yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks, sehingga tekanan darah pun ikut menurun. Berbeda dengan wortel, seledri direkomendasikan untuk dimakan jika sudah dimasak. Seledri yang sudah dimasak memiliki efek signifikan terhadap penurunan tekanan darah.

4. Tomat
Tomat serta produk yang berbahan dasar tomat kaya akan nutrisi, termasuk potasium dan likopen. Likopen memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen, seperti tomat, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah faktor risiko seperti tekanan darah tinggi.

5. Brokoli
Brokoli terkenal akan berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem sirkulasi. Brokoli mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah serta tingkat oksida nitrat dalam tubuh.

Sebuah studi yang melibatkan sebanyak 187.453 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli setiap minggunya memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *