5 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus menjaga kadar gula darahnya supaya tetap stabil, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan. Jenis makanan yang disantap tak boleh sembarangan, bahkan ada beberapa yang jadi pantangan.
Misalnya, makanan yang tinggi gula, atau mengandung karbohidrat tinggi. Nah, ternyata, ada juga beberapa makanan sehat yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, lho. Meski dalam konsumsi sedang tak akan memberikan dampak negatif, namun kalau disantap berlebihan, bisa membahayakan tingkat gula darah.
Apa saja? Berikut telah kumparan rangkum, 5 makanan sehat yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita diabetes, di antaranya:

1. Kismis

Kismis
Kismis Foto: flickr/ Hiroki Yamamoto
Menurut konsultan ahli nutrisi, Dr. Rupali Datta, penderita diabetes sebaiknya menghindari jenis buah kering. Soalnya buah kering mengandung gula dan indeks glikemik lebih tinggi.
Satu cangkir anggur segar, misalnya, mengandung 27 gram karbohidrat, sementara satu cangkir kismis mengandung 115 gram karbohidrat, hampir empat kali lipatnya. Meski kismis mengandung serat tinggi yang kaya manfaat, namun bila dikonsumsi oleh penderita diabetes, bisa mengganggu kestabilan kadar gula darahnya.

2. Melon

Melon
Melon. Foto: Shutter Stock
Dilansir Food NDTV, ahli nutrisi makro dan praktisi kesehatan, Shilpa Arora mengungkapkan, konsumsi melon berlebihan bisa sedikit berisiko bagi penderita diabetes. Buah melon bisa menyebabkan kadar gula jadi berlebihan, akibatnya kadar gula darah jadi melonjak.
Lebih lagi, buah melon memiliki indeks glikemik sebesar 65 yang tergolong tinggi. Bila hendak mengonsumsinya, sebaiknya atur porsinya agar tak berlebihan.

3. Kentang

Kentang
Kentang Foto: Shutterstock
Mengandung vitamin C, kalium, serat, vitamin B, tembaga, tryptohan, mangan, dan lutein, kentang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Namun sayangnya, umbi-umbian ini tak disarankan bagi penderita diabetes.
Sebab, kandungan karbohidrat dan indeks glikemiknya yang tinggi bisa membuat kadar gula darah meroket.

4. Mangga

Ilustrasi Mangga
Ilustrasi Mangga Foto: Pixabay
Penderita diabetes sebaiknya mengurangi konsumsi, atau bahkan menghindari buah-buahan yang tinggi akan gula. Salah satunya, mangga.
Buah bercita rasa manis dan segar ini punya indeks glikemik 51, bahkan jenis mangga lainnya bisa mengandung indeks glikemik sebesar 56 ke atas. Selain itu, disarankan pula untuk tak mengonsumsi buah mangga yang sudah terlalu matang.

5. Susu full fat

Ilustrasi susu
com-Ilustrasi susu. Foto: Shutterstock
Susu memang merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, karena kandungan vitamin dan mineralnya. Hanya saja, penderita diabetes perlu waspada dan membatasi konsumsi susu.
Terutama, susu dengan kandungan full fat dan lemak jenuh. Komponen lemak jenuh tersebut bisa memperburuk resistensi insulin pada penderita diabetes. Untuk memenuhi nutrisi, sebaiknya pilih jenis susu yang rendah lemak atau susu skim.
kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares